Pemupukan pada budidaya perkebunan kelapa sawit seringkali membutuhkan biaya sekitar 50-60% dari total biaya pemeliharaan kebun. Sehingga banyak pihak berusaha untuk melakukan berbagai penelitian dan pembuatan pupuk dalam berbagai bentuk dan formulanya, untuk mencapai tujuan pemupukan tanaman secara efektif dan efisien. PT. Saraswanti Anugerah Makmur merupakan produsen pupuk swasta nasional yang sudah berkecimpung lebih dari 18 tahun di dunia pupuk Indonesia. Bekerjasama dengan beberapa Pusat Penelitian Perkebunan, PT. SAM mengembangkan pupuk-pupuk unggulan melalui teknologi formulasi pupuk anorganik, yang bisa  memingkatkan efisiensi produksi mencapai 5-30% dibanding cara konvensional . Saat ini, PT SAM mampu memenuhi permintaan pupuk Granul dan Briket dengan kapasitas produksi 650.000 ton/tahun.

 

Keunggulan Pupuk NPK PT. SAM

Keunggulan Kualitas Produk Pupuk PT. SAM diarahkan kepada Komposisi Hara Lengkap, lentur dan khusus diperkaya Asam Humik , Teknologi Briket : Sizing & Slow Release Agent. Tekhnologi Granul : Melting & Coating, Kualitas bahan yang digunakan ber SNI  dengan pengawasan laboratorium akreditasi. Selain itu PT SAM mengakomodasi pengawalan teknis lembaga riset untuk konsumennya. Saat ini bentuk pupuk yang dipasarkan untuk kelapa sawit utamanya terdiri atas Briket (Slow release) dan Granul (Fast dan semi release). Keduanya menggunakan teknologi rekayasa yang diarahkan pada Formulasi Pupuk, Formulasi komposisi, Formulasi bentuk pupuk serta Formulasi kecepatan pelarutan. Bahan baku pupuk PT SAM merupakan bahan baku pilihan yang beberapa diimpor dari luar negeri.  Bahan baku Urea dari Indonesia (Pabrikan BUMN),  TSP dari China,  Rock Phospate dari Egypt dan Christmas Island, DAP/MAP dari China / India, sedangkan KCl dari Kanada / Belarus. Semua bahan baku berstandar SNI dan di monitoring Laboratorium terakreditasi.

Proses Produksi Pupuk NPK PT. SAM

Proses produksi Pupuk Briket (Slow Release) menggunakan Material Sizing, Material Dosing & Weight Presicions, Homogenitas Solid Material & Mixer Double Ribbon, Formulasi Kecepatan Pelarutan (Slow Release Agent & Briquetting), Penyeragaman Ukuran Butir & Screening dan Penimbangan Terukur.

Sedangkan untuk Pupuk Granul (Fast Release) menggunakan Material Sizing, Material Dosing & Weight Presicions, Homogenitas Solid Material & Mixer Double Ribbon, Drum Granulator  (Hot Water Imbibisi & Melting Urea, Urea cair), Double Dryer, Penyeragaman ukuran butir & screening serta Penimbangan Terukur .

Keunggulan Teknologi

Keunggulan teknologi pada Pupuk Granul (Fast Release) ditekankan pada Melting-Nitrogen dan Coating. Melting digunakan untuk meningkatkan kadar campuran N dan meningkatkan kualitas fisik granular sehingga nitrogen tidak mudah hilang. Sedangkan Coating dimaksudkan untuk mengatur kelarutan pupuk hingga semi slow release, menyelaraskan kebutuhan hara agar lebih efisien, serta meningkatkan kualitas fisik agar tidak mudah hancur dan menjaga penampilan lebih menarik.

Keunggulan teknologi pada Pupuk Briket (Slow Release) ditekankan pada Pengontrol Pergerakan Hara Slow Release Fertilizer, yaitu dengan cara sizing secara fisik, Slow Release Agent & Chemical reactions, Material aktif bermuatan koloidal. Terakhir dengan campuran material Zeolite, Bentonite dan Humic Subtance. Pupuk NPK Palmo bisa digunakan pada kondisi lahan, utamanya pada Lahan tanah pasiran, Lahan tanah gambut, Lahan undulating serta Lahan tergenang

Sifat Fisik NPK Briket (Slow Release)

  • Bentuk : briket-elips
  • Dimensi : panjang : 1,0 cm, lebar : 0,5 cm
  • Bobot : 1,2 g/butir
  • BD : 1.25 – 1.30 g/cm3
  • Warna : kelabu-hitam, kelabu-colat
  • Tipe : pelepasan hara slow release 4-6 bulan

Chemical Characteristic: Kandungan hara sesuai kebutuhan tanaman dan kondisi tanah (by order)

Sifat Fisik NPK Granul (Fast Release)

  • Bentuk : Granules
  • Diameter (Ѳ) : 3 – 8 mm
  • BD : 1.15 – 1.30 g/cm3
  • Warna : merah ros, merah coklat
  • Tipe : pelepasan hara cepat dan menengah

Chemical Characteristic: Kandungan hara sesuai kebutuhan tanaman dan kondisi tanah (by order)

 

 Aplikasi Briket pada Tanaman Perkebunan

Prinsip NPK Briket

Hara Lengkap N-P-K-Ca-Mg-S-Cu-Zn-Fe-B

Humic Substance

Komposisi Lentur

Slow Release

Meningkatkan Produktivitas 5-20%

Lebih Efisien 15-20% dibandingkan Pupuk Standar

Pengawalan Teknis

Tahan disimpan lama (6 bulan)

 

 

Penutup

Pupuk lengkap NPK Briket dan Granul memenuhi kaidah pemupukan ideal

Terbukti lebih efisien dan efektif

Meningkatkan produktivitas 5-25%

Meningkatkan efisiensi biaya 10-30%

Telah diaplikasikan secara komersial cukup luas baik pada perkebunan pemerintah maupun perkebunan swasta